Mengambil Keputusan Untuk Sukses dan Miliki Tujuan Spesifik

1. Mengambil Keputusan Untuk Sukses dan Miliki Tujuan Spesifik

“Apa tepatnya tujuan hidup Anda dan apa rencana-rencana yang Anda miliki untuk meraih tujuan tersebut?” Kebanyakan jawaban akan seperti ini, “Saya ingin hidup dengan baik dan meraih sukses sesuai dengan kemampuan saya.”

Adakah hal yang salah dengan jawaban tersebut? Tidak. Tetapi menurut Napoleon Hill (1883-1970)—Bapak Motivasi Dunia dan seorang penulis sukses—orang dengan jawaban demikian hanya akan mendapat “sisa-sisa” dari apa yang telah ditinggalkan oleh mereka yang sungguh-sungguh berhasil, yaitu mereka yang memiliki tujuan spesifik dan memiliki rencana untuk meraih tujuan tersebut.

Napoleon Hill lalu mengisahkan seorang sahabatnya yang bernama Stuart Hill. Stuart adalah seorang kontributor artikel untuk majalah yang diedit Hill. Penghasilannya pas-pasan. Tetapi kemudian terinspirasi oleh seseorang penemu yang ia tulis.

Stuart kemudian berhenti jadi wartawan dan sekolah lagi untuk jadi pengacara paten. Keinginannya tak hanya mau menjadi pengacara paten biasa-biasa saja, tetapi pengacara paten yang top di Amerika Serikat. Karena mengejar cita-citanya dengan penuh semangat, ia bisa menyelesaikan kuliahnya dalam waktu singkat.

Saat mulai praktik, dia mencari kasus-kasus yang paling sulit. Cara ini rupanya menempatkannya menjadi pengacara dengan reputasi baik. Segera namanya pun menyebar ke seluruh negeri. Pada tahap berikutnya ia mendapatkan banyak permintaan untuk menjadi pengacaranya. Dan meskipun tarifnya selangit, Stuart lebih banyak menolak klien dibanding menerima klien karena begitu banyaknya permintaan.

Menurut Hill, manusia yang bertindak dengan tujuan dan rencana mengundang banyak kesempatan. “Bagaimana hidup dapat memberikan sesuatu untuk diri Anda kalau Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan untuk diri sendiri? Hanya dengan memiliki tujuan dan rencana yang spesifik maka Anda mampu mengatasi berbagai kesulitan yang menghalangi jalan Anda,” katanya.

Kalau Anda ingin meraih sukses, hari ini juga tetapkan tujuan yang spesifik! Tuliskan tujuan tersebut. Hafalkan di dalam ingatan. Ambillah keputusan spesifik tentang apa rencana-rencana Anda untuk meraihnya. Kemudian mulailah segera menerapkan rencana tersebut ke dalam tindakan.

Masa depan Anda diciptakan oleh diri Anda sendiri. Ambillah keputusan sekarang juga untuk membentuk masa depan Anda.

Sumber: ‘A Year of Growing Rich’ by Napoleon Hill (Bagian Pertama. Nantikan Bagian Kedua pada hari Senin depan: 25/3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: