MOMENT of TRUTH

MOMENT of TRUTH

Alkisah, di San Francisco, ada seorang konsultan yang heran melihat keramaian sebuah Chinese restaurant. Maka suatu hari, ia mencoba makan siang di sana. Seperti biasa, restoran itu ramai sekali dengan pengunjung.

Seorang pelayan dengan ramah menghampiri dan melayaninya, walaupun dengan bahasa Inggris yang belum fasih. Sang konsultan memesan Orange Chicken with Rice dan minuman Coke Zero. Namun pelayan tersebut berkata, “Maaf, kami sedang ada kerja sama dengan Pepsi. Jadi, tidak bisa jual produk Coca Cola di sini. Apakah dapat kami tawarkan Diet Pepsi?” Sang konsultan akhirnya minta disediakan air putih saja.

Ketika konsultan itu sedang makan, tiba-tiba ada seorang berpakaian rapi membawa Coke Zero dan es batu. “Tadi Anda menginginkan ini kan?” Sambil tersenyum, ia menyajikan minuman untuk sang konsultan, kemudian segera berlalu.

Sang konsultan minum dengan puas, lalu segera memanggil pelayan yang tadi melayaninya. Pelayan itu datang dan tersenyum melihat Coke Zero tersedia di meja tamunya itu. Katanya, “Nah, sudah ada minuman kesukaan Bapak kan..?”

“Tadi, katanya tidak ada. Ini kok ada?”
“Benar, tadi memang tidak ada. Ini baru saja kami belikan di pasar swalayan seberang.”
“Restoran sedang ramai. Siapa yang membelikan?”
“Manager kami. Dia tidak terlalu sibuk di belakang.”
“Lho, tapi kata Anda, sedang ada kerjasama dengan Pepsi.”
“Ya, kalau menjual produk Coca Cola memang tidak bisa.. Tapi kalau memberi gratis kepada pelanggan, saya kira boleh Pak,” jawabnya sambil tersenyum ramah.

Pesan yang bisa diambil dari kisah ini >>
Memberi pelayanan yang baik adalah hal yang umum dilakukan semua perusahaan. Mau memberi lebih, serta melakukan hal tidak terduga, bisa menjadi kunci sukses di zaman ini.

Ciptakan “Moment of Truth”, yang memberikan impresi luar biasa yang akan selalu diingat oleh pelanggan Anda, sehingga dia menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. “Moment of Truth” tidak hanya berlaku pada pelangan perusahaan. Hal yang sama berlalu untuk kepemimpinan, teamwork, ataupun dalam kehidupan sosial kita.

Mau melakukan hal yang lebih atau hal yang menyentuh adalah kesempatan kita untuk diingat, dicinta, dihormati, dan diikuti oleh orang lain. Luar biasa!

[Re-post; kiriman dari teman]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: